Kemampuan Fisik Tikus

Aktivitas hidup tikus sagat ditunjang kemampuan yang sifatnya khas dan unik dan mungkin juga dimiliki hewan lain. 
* Mengali 
Tikus Mengali bertujuan  untuk membuat sarang yang biasanya tidak melebihi kedalam 50 cm. Pada spesies Rattus norvegius, Rattus argentiventer mampu mengali sampai kedalaman 200 meter tanpa mengalami kesulitan terutama tanah gembur. 
* Memanjat 
Tikus pada beberapa spesies Rattus rattus, Rattus tiomanicius bersifat arboreal. Artinya tikus  mampu memanjat pohon, memanjat permukaan kasar, berjalan diseutas kawat, dan turun dari suatu ketinggian dengan kapala menuju kebawah tanpa kesulitan. Kemampuan arboreal tikus ditunjang adanya tonjolan pada telapak kaki yang disebut footpad. footpad pada tikus bersifat arboreal lebih lebar dan kasar dibanding tikus yang bersifat terestrial yang kurang pandai memanjat. Footpad masih ditunjang cakar kuat dan ekor yang panjang untuk menjaga keseimbangan. 
* Meloncat
Tikus dapat meloncat dengan dukungan otot-otot kaki yang kuat. Rattus norvegicus dewasa dapat meloncat vertikal setinggi 77cm dan horisontal mencapai 240 cm. Bahkan saat berlari dapat menigkat  
* Mengerat
Tikus dan mencit mengerat dengan bantuan bahan-bahan yang keras. Tikus tidak dapat merusak  bahan-bahan yang keras sampai nilai 5,5 skala keras geologi. Bahan-bahan yang dikerat tersebut kayu pada bangunan, alumunium, beton kualita buruk dan aspal. Logam yang dilapisi secara galvanis dan bahan-bahan yang mempunyai skala kekerasan geologi lebih dari 5,5 tidak  dapat ditembus gigi seri tikus
* Berenang 
Tikus merupakan hewan yang pandai berenang. Dalam suatu percobaan untuk melihat kemampuan tikus berenang dalam keadaan terpaksa, tikus dapat berenang selama 50-72 jam pada suatu bak air dengan suhu 35o C, dengan kecepatan berenang 1,4 km/jam untuk tikus dan 0,7 km/jam untuk mencit. Kemampuan menyelam tikus maksimum mencapai 30 detik. Tikus berenang  dengan kaki belakangnya dengan cara menendang secara bergantian.