Pendahuluan

         Materi pengendalian hama tikus terpadu dengan vibrasi ceng-ceng, merupakan materi tambahan bagi siswa yang sudah memenuhi KKM pada materi pokok, materi pengendalian terpadu dengan vibrasi ceng-ceng dapat meningkatkan pemahaman mengenai teknologi pengendalian yang unik di Bali.   
              Sebelum masuk ke materi pengendalian hama tikus terpadu dengan vibrasi ceng-ceng,  pertama kita harus mempelajari interaksi antara tumbuhan padi dan tikus, kemudian mengenali hama tikus dan kemampuan yang dimiliki. Kedua mengetahui proses pengendalian hama tikus terpadu  dengan vibrasi ceng-ceng.

       Materi dalam pengendalian tikus terpadu dengan vibrasi ceng-ceng ini dari sumbernya sebelumnya melalui penelitian skala laboratorium, adanya manipulasi bunyi ceng-ceng yang membuat tikus resah. Manipulasi suara yang dilakukan mengunakan program FFT (Fast Fourier Transform) yang terdapat pada sofware Sound Forge 0.6.
        Setelah poses manipulasi selesai proses pemaparan pemaparan bunyi ceng-ceng pada tikus putih masa menyusui dan anaknya , tikus sawah masa sapih, kemudian direkam melalui handy cam. hasil rekaman perlakuan dibandingkan dengan video tanpa perlakuan.
       Manfaat pengendalian terpadu dengan vibrasi ceng-ceng ini sangat mengutungkan bila dikembangkan secara luas didaerah lain, karena dimana tempat pengendalian ini muncul sudah memberikan dampak positif untuk pertanian di Bali.